Selasa, 24 November 2009

SHINSENGUMI - Pasukan Samurai Terakhir Shogun


Kesatuan khusus di kalangan militer sejak dulu hingga sekarang senantiasa menarik untuk diikuti kisahnya. Bukan saja mereka adalah orang-orang yang dilatih secara "plus" dibandingkan rekan-rekan tentara dari kesatuan biasa, namun waktu juga mencatat bahwa kesatuan khusus itu seringkali turut serta memainkan jalannya sejarah dalam sebuah pemerintahan, bahkan sebuah bangsa. Jepang, di masa Shogun juga memiliki kesatuan khusus semacam itu.

Salah satu yang terkenal adalah Shinsengumi, yang dikenal sebagai pasukan samurai terakhir di era kekuasaan Shogun. Berbeda dengan kesatuan tempur tradisional Jepang lainnya, yang muncul di awal dan pertengahan kekuasaan Shogun, Shinsengumi justru muncul dan berperan banyak menjelang runtuhnya Shogun dan dimulainya era keterbukaan Jepang, atau lebih dikenal sebagai Restorasi Meiji. Shinsengumi, selain layaknya sebuah unit samurai yang ditugasi mengamankan kekuasaan Shogun dengan memamerkan keahlian mereka mengayunkan samurai dan penguasaan ilmu perangnya, juga secara politis banyak bermain dalam intrik-intrik di kekaisaran Jepang pada masa itu.

Tak mengherankan, karena Shinsengumi (yang berarti Pasukan Pilihan yang Baru), ditugasi untuk memadamkan kekacauan dan pembunuhan di sekitar Kyoto sebagai reaksi keputusan Shogun untuk melaksanakan Restorasi Meiji. Restorasi Meiji sendiri, seperti kita ketahui, menimbulkan kekecewaan mendalam di hati para samurai, karena mereka merasa dengan kebijakan itu, tanah Jepang yang suci akan segera dicemari oleh para barbar dari Barat. Sebagai reaksi balasannya, para samurai bertekad menjatuhkan Shogun dan pengikutnya, sambil mengembalikan kekuasaan mutlak Kaisar Jepang.

Pada masa itu, Shinsengumi dikenal sebagai sebuah unit pasukan yang sangat menakutkan, yang siap membantai siapa pun yang mengancam kekuasaan Shogun terakhir. Dan semua kisah heroik itu dituangkan dengan memukau oleh Romulus Hillborough dalam buku ini.


Editor’s Note
- Kisah heroik pasukan samurai pembela Shogun
- Kisah nyata
- Berdasarkan catatan sejarah, surat, memoir, dan saksi mata yang berhasil dikumpulkan oleh penulisnya
- Buku yang cukup penting bagi mereka yang mempelajari seputar keruntuhan Shogun dan era keterbukaan Jepang


Spesifikasi Buku
ID : 777092056
ISBN : 9789792761283
Editor: Ekon
Harga: Rp. 59.800
Ukuran: 14 X 21 Cm
Cover: Soft Cover + Kuping
Tebal: 308
Terbit: 11-Nov-09
Kategori: HUMANIORA
Target Pengguna
- Penikmat sejarah
- Penggemar kisah samurai
- Mereka yang belajar sejarah Jepang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar